Putri Kopi Jambi 2013

Berbagai upaya dilakukan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jambi untuk memperkenalkan produk unggulan daerah agar memiliki daya jual tinggi, termasuk produk kopi khas Jambi Luberica Tungkal Composid yang merupakan varietras kopi asli Jambi. Terobosan baru pun diambil oleh instansi terkait untuk memperkenalkan produk kopi tersebut. Menariknya, produk itu tidak mutlak selalu diperkenalkan melalui pameran-pameran, namun juga dilakukan dengan cara lain, yaitu dengan Kontes Pemilihan Putri Kopi Jambi yang nantinya akan diikutsertakan dalam ajang pemilihan putri kopi di tingkat nasional untuk mewakili Provinsi Jambi.
Olivia Lisadora Pulungan, Gadis cantik kelahiran 4 Januari 1995 ini telah Terpilih menjadi Putri Kopi Jambi 2013. Tidak hanya bermodalkan paras cantik, Putri Kopi Jambi yang kini berusia 19 tahun ini menyatakan bahwa kemenangannya mengalahkan 42 peserta Kontes Putri Kopi Jambi pada akhir Desember 2013 lalu, lebih karena kemampuannya dalam menjawab berbagai pertanyaan seputar kopi Jambi. Pada kontes tersebut Olivia memang tampak sangat yakin dan antusias dalam menjawab pertanyaan tim juri tentang jenis-jenis kopi hingga keistimewaan dari kopi Liberica Tungkal Compocid. Memang bukanlah hal mudah bagi Olivia Lisadora Pulungan menyandang prediket sebagai Putri Kopi Jambi. Tentunya sebagai Icon Kopi Jambi, Olivia harus berupaya lebih keras dalam mempromosikan Liberica Tungkal Compocid yang sedang berjuang mendapat pengakuan. Kopi Liberica Jambi menjadi satu-satunya varietas kopi yang dikembangkan di atas lahan gambut. Saat ini Pemerintah dan Dinas Perkebunan Provinsi Jambi sedang berusaha keras mendapat label IG atau Indikasi Geografis dari Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HaKI). Jika telah mendapatkan sertifikasi IG, tentu status kopi Jambi akan sejajar dengan Kopi Arabica Gayo atau Arabica Kintamani-Bali juga Kopi Preanger asal Jawa Barat.


"Saya ingin Liberica Jambi ini diakui secara internasional sehingga dapat meningkatkan penjualan dan petani kami pun bisa sejahtera," ujar Olivia yang saat itu masih berstatus mahasiswi semester 3 jurusan Ilmu Keguruan Biologi, Universitas Jambi.

Another Nice Places

 
 
Supported by : Kopi Sumatra Online Shop
Copyright © 2013 - 2014. TOKO KOPI JAMBI - All Rights Reserved
Template designed by Creating Website
Proudly powered by Blogger